Shortcut Keyboard Di Software Blender 3D Animation

 Tutorial Hack Life

Tutorial Hack Life - Seperti yang sudah ketahui bahwa Tutorial software Blender adalah salah satu software 3D animasi yang saat ini sedang naik daun. Hal ini karena  Tutorial Sofware Blender dirasa cukup efektif, murah, berkulitas dan mudah digunakan. Saya sudah merasakan perbedaan yang sangat mencolok saat mulai mempelajari Blender. terutama penggunaan keyboard shortcut untuk banyak keperluan. Bila kita menggunakan software 3d Max atau Maya maka banyak pekerjaan kita akan dibantu oleh tombol tombol dengan icon yang manis. Bebeda jauh bila kita membuka Blender, yang kita dapatkan adalah sedikit tombol menu dengan teks disana sini. Tentu saja hal ini akan membuat bingun penguna awam atau yang terbiasa dengan software seperti 3ds Max dan Maya. Perintah-perintah yang terdapat dalam software Blender memang di sederhanakan dengan mengunakan keyboard shortcut, untuk itu anda harus mau untuk menghapalkan beberapa keyboard shortcut tersebut. tidak lah sulit untuk dapat menghapalkan keyboard shortcut dari software Blender, karena Blender memudahkan kita dengan mengunakan inisial atau huruf awal dari nama menunya. misalnya menu Grab di gunakan shotcut huruf G, Rotate: R, Scale: S, Box selection: B, sumbu X: X, Hide: H, Move to layer: M, Extrude : E, dan seterusnya. Tentu saja tidak semua menu/perintah menggunakan inisial dari nama menu tersebut. ada juga yang kombinasi perintah CTRL, SHIFT dan ALT.

Hal lain yang juga harus dibiasakan dari software Blender ini adalah penggunakan klik kiri dan kanan yang berbeda fungsi dengan kebanyakan software 3D lainnya. Di Blender untuk dapat menyeleksi atau mengaktifkan objek adalah dengan mengguankan klik kanan, sementara di software 3ds Max dan Maya adalah dengan menggunakan klik kiri. Meskipun seting ini dapat diganti melalui menu yang ada di dalam user preferences>input>select with.

 PERINTAH DASAR

·         TAB key – Berfungsi untuk mengubah antara “edit mode” dan “object select mode”.
·         “O” key –Berfungsi untuk mengaktifkan “proportional vertex editing” pada “edit mode”.
·         “A” key – Berfungsi untuk memilih semua vertices yang terdapat pada sebuah obyek.
·         “B” key – Berfungsi untuk memilih banyak obyek dengan menggunakan windows drag.
·         Space bar – Berfungsi untuk menampilkan menu tool.
·         Number pad – Berfungsi untuk mengontrol view. “7” untuk “top”, “1” untuk “front”, “3” untuk “side”, “0” untuk “camera”, “5” untuk “perspective”, “.” Untuk memperbesar obyek yang telah dipilih, “+” dan “-“ untuk memperbesar atau memperkecil.
·         Mouse – Klik kiri berfungsi untuk mengubah, Klik kanan berfungsi untuk memilih, Klik tengah atau scroll berfungsi untuk memperbesar dan merotasi view.
·         Shift key – Berfungsi untuk memilih obyek lebih dari satu dengan cara menahan tombol Shift dan Klik kanan.
·         Arrow key – Berfungsi untuk pembuatan frame dalam sebuah animasi.
·         “R” key – Berfungsi untuk merotasi sebuah obyek atau vertices.
·         “S” key – Berfungsi untuk mengatur skala sebuah obyek atau vertices.
·         “G” key – Berfungsi untuk memindahkan sebuah obyek atau vertices.
·         “P” key – Berfungsi untuk memisahkan vertices yang dipilih menjadi sebuah obyek didalam “edit mode”.
·         Shift + “D” – Berfungsi untuk menduplikat sebuah obyek atau vertices.
·         “E” key – Berfungsi untuk meng-extrude vertices yang telah dipilih didalam “edit mode”.
·         “U” key – Didalam “object mode” berfungsi untuk menampilkan SingleUser menu, sedangkan didalam “edit mode” berfungsi sebagai “undo”.
·         “M” key – Berfungsi untuk memindahkan obyek ke layer lain. Didalam “edit mode” berfungsi sebagai “Mirror”.
·         “Z” key – Berfungsi untuk merubah view dari wireframe menjadi solid.
·         Alt + “Z” – Berfungsi untuk merubah view tekstur atau tembus pandang.
·         “P” key – Berfungsi untuk memulai mode game.
·         ALT / CTRL + “P” – Berfungsi untuk membuat atau menghapus hubungan Parent/Child.
·         “N” key – Berfungsi untuk menampilkan info sebuah obyek dalam bentuk numeric.
·         Ctrl + “J” – Berfungsi untuk menggabungkan obyek.
·         Alt + “A” – Berfungsi untuk menjalankan animasi.
·         “F” key – Berfungsi untuk membuat sebuah sisi pada “edit mode”.
·         “W” key – Ekspresi Boolean untuk menggabungkan atau mengiris pada 2 obyek atau lebih.
·         “X” atau Delete – Berfungsi untuk menghapus obyek, vertices, atau sisi.
·         Function keys – F1 = Load File, F2 = Save, F3 = Save Image, F4 = Lamp Buttons, F5 = Material Buttons, F6 = Texture Buttons, F7 = Animation Buttons, F8 = Real Time Buttons, F9 = Edit Buttons, F10 = Display Buttons, F11 = Last Render, F12 = Render.
·         “I” key – Berfungsi untuk memasukkan animasi.
·         ALT + “U” – Berfungsi untuk menampilkan “Global Undo Command”.
·         ALT + “C” – Berfungsi untuk mengkonversi menjadi meshes, text dan curves.
·         Shift + Space – Berfungsi untuk menampilkan seluruh layar atau hanya pada viewport yg aktif saja.
·         Ctrl + “0” – Berfungsi untuk memilih sebuah camera.

 MENU FILE

·         Append = Ketika anda menginginkan untuk memasukkan elemen dari file Blender yang satu ke file Blender yang lainnya, perlu menggunakan append command.
·         Save = menyimpan hasil kerja
·         Save As = menyimpan hasil kerja dengan nama lain
·         Export/Import = kemampuan Blender untuk menerima beberapa jenis 3D file dari program lain. Blender dapat menyimpan ke dalam bentuk file 3D dari program lain ataupun juga sebaliknya

 MENU ADD

Add digunakan untuk menambahkan objek-objek, seperti kamera, lighting dan objek 3D.
Render berfungsi untuk melihat hasil Rendering dan settingnya.

Help digunakan untuk melihat bagaimana Blender bekerja dan berbagai jawaban untuk pertanyaan dari user.

2. View Port


Pada View Port, terdapat 3 objek, yaitu Cube, Lamp dan Camera. Secara default, View Port memiliki axis X dan Y. dan didalam view port ini kita bisa melihat project dalam berbagai macam sudut dan dapat mengatur letak dan kamera serta sebagainya.

3. Tool Button


Berikut beberapa tools button yang biasa digunakan pada Blender :

Translate Manipulator Mode
Berfungsi untuk mengambil objek. Disimbolkan segitiga merah, bila menggunakan keboard bisa secara langsung menekan Ctrl+Alt+G.

Rotate Manipulator Mode

Berfungsi untuk memutar objek. Disimbolkan berupa lingkaran hijau, bila menggunakan keyboard bisa secara langsung menekan Ctrl+Alt+R.

Scale Manipulator Mode

Berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil objek. Disimbolkan berupa persegi biru, bila menggunakan keyboard bisa secara langsung menekan Ctrl+Alt+S.

Transform Orientation

Berfungsi untuk mengabungkan beberapa objek.

Rotating/ Scaling pivot

Berfungsi memutar dan memperbesar atau memperkecil pada area pivot, pivot merupakan titik pusat suatu objek. Disimbolkan berupa titik hitam dengan tanda panah. Pivot adalah titik pusat dari suatu objek, secara default pada Blender kita menggunakan Median Point.

Modeling

Berfungsi untuk membuat model 3D awal.

UV Mapping

Berfungsi untuk memindahkan objek berdasarkan vertex.

Texturing

Adalah pembuatan textur pada objek bisa dengan meload gambar dari kita sendiri, ataupun dari bawaan Blender.

Baca Juga : Begini Cara Membuat Texture Pada Object Blender

Rigging

Berfungsi untuk pembuatan tulang atau bones pada objek.

Skinning

Berfungsi untuk pembuatan kulit pada objek atau model.

Animasi

Berfungsi untuk pembuatan animasi atau objek bergerak secara timeline/ waktu.

Particle

Berfungsi untuk pembuatan particle pada objek atau model.

Basic Blender Shortcut:

• Memilih obyek: klik kanan

• Multiple obyek: shift + klik kanan

• Select/Deselect All: A

Tools Shelf Toggle: Shortcut: T ; Menampilkan Tools Shelf

• Menghapus obyek (vertex, edge, face): x

• Properties Panel Toggle: Shortcut: N ; Menampilkan Properties Panel

• Set Center: Shortcut: Shift + CTRL + Alt + C
; Gunakan menu ini untuk select Center New, Center Cursor atau ObData to Center

Circle Select: Shortcut: C ; Untuk seleksi Circle/bundar

Marquee Zoom: Shortcut: Shift + B, lalu LMB-drag ; Untuk zoom obyek dengan seleksi kotak

Quick Toggle for Vertices, Edges and Faces: Shortcut: CTRL+TAB ; Dalam edit mode gunakan ini untuk mempercepat perpindahan seleksi

Isolate your Model in 3D: Shortcut: Alt + B dan LMB-drag ; Lalu, rotasikan di 3D view untuk melihat “3D projection” isolated model. Tekan Alt + B lagi untuk mengembalikan ke posisi normal.

Transform Hotkeys ; G = Move (Grab) ; R = Rotate ; S = Scale ; Alt + G = Reset Position ; Alt + R = Reset Rotation ; Alt + S = Reset Scale

Add: Shift + A

Viewport ala 3ds Max: Ctrl+Alt+Q

Sekian Penjelasan dari saya tentang shortcut keyboard yang ada di software Blender 3D Animation ini.
Terima kasih jangan lupa untuk meninggalkan jejak di komentar, Tutorial Hack Life

Post a Comment

0 Comments